Halaman

Selasa, 18 Februari 2014

Peristiwa Meletusnya Gunung Kelud





Peristiwa Meletusnya Gunung Kelud Jawa Timur


Gunung Kelud dalam bahasa Jawa berarti Kelut atau "sapu" . Gunung kelud ini merupakan sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Timur ,Indonesia yang masih aktif. Gunung ini berada diperbatasan  antara  Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , Kira-kira 27km sebelah timur kota kediri. Gunung Kelud merupakan Gunung paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M ,Kelud telah meletus lebih dari 30kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI) .
Sebelum Meletus Kembali Tanggal  13 Februari 2014, Gunung Kelud tercatat beberapa kali meletus dalam rentang waktu tahun 1919-2007.
Letusan Kelud tahun 2014 dianggap  lebih dahsyat daripada tahun 1990, meskipun hanya memakan 4korban  jiwa. Sebelum meletus Gunung Kelud dideteksi mengalami peningkatan aktivitas diakhir tahun 2013.  Namun kemudian situasi dikabarkan kembali tenang. Dan kemudian diumumkan status waspada pada tanggal 2 februari 2014 dan pada tanggal 10 Februari Gunung Kelud dinaikan statusnya menjadi siaga dan pada tanggal 13februari pukul 21.15 diumumkan status berbahaya tinggi, Awas  (level IV) . Sehingga radius 10km harus dikosongkan. Hanya dalamkurun waktu 2jam kemudian pukul  22.50 terjadilah letusan pertama tipe (eksplosif) yaitu berupa aliran magma yang menyebabkan hujan kerikil yang cukup lebat. Suara Ledakan dilaporkan terdengar hingga kota Solo dan Yogyakarta, Jawa Tengah.
Dampak berupa abu vulkanik pada tanggal 14 Februari 2014 dini hari dilaporkan telah mencapai Kabupaten Ponorog, bahkan di Yogyakarta hampir seluruh wilayah tertutup abu vulkanikyang cukup pekat melebihi abu vulkanik Merapi. Ketebalan mencapai 2cm. Dan di daerah Madiun dan Magetan jarak pandang untuk pengendara kendaraan bermotor atau mobil hanya sekitar 3-5 meter. Disisi lain banyak warga pengguna kendaraan merasa terganggu akibat erupsi tersebut. Sekian
Berikut Gambar dari peristiwa meletusnya Gunung Kelud :
 


 Sumber : 
 http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelud
https://www.google.co.id/search?q=akibat+gunung+kelud&source

Pendapat    :
Saya hanya ingin mengingatkan untuk warga yang tinggal disekitar gunung-gunung yang masih aktif agar tetap tenang dan waspada. Dan jika ada tanda-tanda yang membahayakan hendak mencari tempat aman atau mengungsi. Gunakan masker jika daerah anda terkena abu vulkanik agar saluran pernafasan anda tidak terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar